Jl. Letjen Yusuf Singadekane No. 1 Muara Baru Kayuagung

Indonesian English

1. Tanaman Pangan dan Hortikultura

    Komoditas unggulan pertanian, tanaman pangan dan hortikultural yang dikembangkan meliputi padi, ubi kayu, jagung dan pisang. Peluang investasi pengembangan padi yang ditawarkan adalah optimalisasi lahan yang belum diusahakan, dan penanganan pasca panen. Kabupaten ogan Komering Ilir adalah salah satu lumbung beras Provinsi Sumatera Selatan dengan luas areal 59.612 ha dan produksi gabah kering giling tahun 2015 sebesar 543.377 ton. Peluang pengembangan ubi kayu meliputi pemanfaatan lahan yang belum diusahakan dan pendirian pabrik pengolahan hasil produksi. Peluang pengembangan jagung terdiri dari perluasan luas tanam dan pendirian pabrik pakan ternak (pengolahan jagung). Sedangkan peluang investasi pengembangan komoditi pisang terdiri dari pendirian pabrik pengolahan hasil produksi, bantuan modal, dan industri rumah tangga

 

 

Gambar 2.8. Tanaman Pangan & Hortikultura.

Berikut ini data komoditi unggulan pertanian yang dapat dikembangkan :

TABEL 2.2. Peluang Potensi Makanan Pokok yang diunggulkan

2. Perkebunan

    Luas areal perkebunan di Kabupaten OKI pada tahun 2015 seluas 175.225 hektar dan Kapasitas Produksi per tahun 330.712 ton yang terdiri dari 10 komoditi unggulan terdapat Dua kelompok kepemilikan lahan perkebunan yaitu rakyat dan perusahaan besar.

TABEL 2.3. Peluang Potensi Perkebunan yang diunggulkan

     a. Kelapa Sawit

        Pada tahun 2015 di Kabupaten OKI pengolahan kelapa sawit menjadi CPO (Crude Palm Oil) dilakukan oleh 9 perusahaaan dengan kapasitas Produksi sebesar 460 TBS/jam dan total Produksi 212.248 ton.

Gambar 2.9. Perkebunan kelapa sawit

     Peluang investasi yang ditawarkan adalah :

  • Percetakan kebun baru dengan pola PIR dan Plasma
  • Pendirian industri hilir dengan bahan baku dari CPO dan inti sawit seperti: Pabrik minyak goreng, margarine, sabun, kosmetik, minyak pelumas dsb.

     b. Karet

         Kebun rakyat seluas 103.268 hektar dengan produksi mencapai 76.323,25 ton Bokar. Sentra terluas berada di Kecamatan  Tulung Selapan sekitar 36.914 ha dan Kecamatan  Pangkalan Lampam 14.008 ha. Pada Tahun  2015 Komoditi karet di Kabupaten OKI dengan luas Areal 155.005 Ha dan hasil Produksi Slab serta Kapasitas Produksi pertahun 180.288 ton.

Gambar 2.10. Perkebunan karet

     Peluang investasi yang ditawarkan :

         1. Pencetakan kebun baru dengan menerapkan PIR dan Plasma.

         2. Pendirian Pabrik Crumb Rubber.

TABEL 2.4. Lokasi Potensi dan Produksi Perkebunan

Ket: Areal Perkebunan kelapa sawit masih dapat dikembangkan lagi dengan pola PIR dan plasma

TABEL 2.5. Produksi CPO di Kabupaten Ogan Komering Ilir tahun 2015

 

     C. Kelapa

         Luas secara keseluruhan kebun kelapa dari Kabupaten OKI adalah 7.079 ha. Sentra terluas adalah di Kecamatan  Air Sugihan 2.415 ha, Kec. Tulung Selapan 645 ha, Kec. Cengal 703,75 ha. Pada tahun 2015 di Kabupaten OKI Komoditi Kelapa dengan luas Areal 3.323 ha dan hasil produksi Kopra serta Kapasitas produksi pertahun 2.903 ton. Investasi yang terbuka yaitu:

         1. Pendirian industri Minyak Goreng

         2. Industri Nata De Coco

         3. Industri Arang aktif

         4. Pengelolaan Sabut Kelapa Untuk Eksport.

     d. Kopi

         Pada tahun 2015 Komoditi Kopi di kabupaten Ogan Komering Ilir dengan luas Areal 866 ha dan hasil Produksi Kopi beras serta kapasitas Produksi pertahun 529 ton.

Jenis industri Hilir yang dapat di kembangkan adalah Pengolahan Kopi bubuk.

     e. Aren

        Pada tahun 2015 Komoditi Aren di kabupaten Ogan Komering Ilir dengan Luas Areal 102 ha dan hasil produksi Gula Merah serta kapasitas Produksi pertahun 39 ton. Jenis Industri Hilir yang dapat di kembangkan adalah Pengolahan Gula Merah.

     f. Lada

        Pada tahun 2015 komoditi lada di kabupaten OKI dengan luas areal 56 ha dan hasil produksi butiran serta kapasitas Produksi/tahun 15 ton.

     g. Pinang

         Pada tahun 2015 Komoditi Pinang di Kabupaten OKI dengan luas Areal 320 ha dan hasil produksi Bui serta kapasitas produksi/tahun 79 ton

     h.Tebu

        Pada tahun 2015 Komoditi Tebu di Kabupaten OKI dengan Luas Areal 367 ha dan hasil Produksi Gula. Jenis Industri Hilir yang dapat di kembangkan adalah Pengolahan gula Putih.

 

3. Peternakan

    Peternakan mempunyai prospek untuk di kembangkan karena tingginya permintaan akan produk peternakan, di kabupaten OKI peternakan juga memberikan keuntungan yang cukup tinggi dan menjadi sumber pendapatan bagi masyarakat serta menjadi salah satu ujung tombak pembangunan. Untuk itu kabupaten OKI berbenah diri dalam menggali segala Potensi sumber daya alam yang ada dengan memamfaatkan seoptimal mungkin untuk kepentingan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat Kabupaten OKI. Berikut ini Data potensi Investasi di bidang peternakan yang ada kabupaten OKI yang dapat di tawarkan kepada investor:

TABEL 2.6.Peluang Potensi  Peternakan yang di unggulkan

Gambar 2.12. Peternakan

 

4. Kelautan dan Perikanan

    Dengan kondisi wilayah Kabupaten Ogan Komering Ilir yang sebagian rawa-rawa dan terletak di pantai timur Sumatera, maka terdapat beberapa jenis komonditi perikanan yang dikembangkan, yaitu ikan air tawar dan ikan air laut.

Pembangunan sektor Perikanan dan Kelautan diarahkan pada:

      1. Pembangunan areal pertambakan udang yang ramah lingkungan dengan menerapkan pola kemitraan.

     2. Pembangunan unit pengolahan ikan yang memberikan nilai tambah hasil perikanan seperti produk beku, produk kaleng, pelet, baik untuk produksi ikan air tawar  maupun produksi ikan air payau ataupun laut.

     3. Pembangunan sentra perikanan berbasis perikanan budidaya di kawasan minipolitan yang terpusat di Kecamatan Jejawi, Kecamatan  Sirah Pulau Padang dan Kecamatan Kota Kayuagung

TABEL 2.7. Jenis Usaha dan Potensi Lahan Pengembangan Perikanan

 

 

5. Pertambangan dan Energi

    Kabupaten Ogan Komering Ilir memiliki Potensi yang cukup besar bagi pengembangan pertambangan dan energi. Bahan tambang dan galian unggulan yang cukup prospektif untuk diusahakan adalah batubara, pasir kuarsa, granit dan pasir besi.

     a. Pasir Kwarsa

Gambar 2.13. Pasir Kwarsa

Potensi pasir kwarsa terdapat di Kecamatan cengal yakni di dua desa, di desa Sungai Pasir dan desa Sungai Jeruju, dengan cadangan tereka 50 juta ton dengan Luas Area 30.965.09. ha,bahan baku pasir kwarsa dapat dijadikan untuk pembuatan Kaca dan Gelas. Pasir kwarsa tersebut belum dimanfaatkan dan terbuka peluang bagi investor untuk berinvestasi di sektor ini. Aksebilitas ke lokasi tambang pasir kwarsa adalah berupa jalan darat, yang memerlukan peningkatan kwalitas jalan.

     b. Batu Granit

         Potensi batu granit terdapat di Kecamatan Pangkalan Lampam dengan potensi sebesar 83,5 juta ton dengan luas lahan ± 10 ha

Gambar 2.14. Batu Granit

Mineral utama yang terkandung pada batu granit di Kecamatan  Pangkalan Lampam adalah Ortoklas 40%, kwarsa 24%, Muskofit 6%, diselingi oleh Bionit dan plagioklas dalam jumlah kecil, bahan baku Batu Granit dapat dikembangkan untuk produk ubin lanta. Dibutuhkan investasi untuk eksploitasi batu granit.

     c. Batubara

        Perindustrian dan Perdagangan Perindustrian Potensi batubara terdapat di Kecamatan Cengal dan Sungai Menang dengan luas areal 81.763 ha dengan cadangan tereka 325 juta ton, nilai kalori 4500-5000 Kkal/ kg, kadar belerang 0,2%, kadar abu 5%, batubara tersebut dapat dikembangkan menjadi PLTU mulut tambang.

     d. Pasir Besi

         Potensi Pasir Besi terdapat di Kecamatan Cengal dengan jumlah cadangan diperkirakan ratusan juta ton. Kwalitas pasir besi tergolong tinggi dgn kadar Fe 33,5% dan S1O2 45%, bahan baku pasir besi dapat dikembangkan menjadi bahan baku untuk industry semen.

 

6. Industri dan Perdagangan

     a. Industri

         Industri di Kabupaten Ogan Komering Ilir didominasi oleh :

         i. Industri Besar berupa industri pengolahan CPO yang dimiliki perkebunan-perkebunan besar kelapa sawit

         ii. Industri Kecil dan Menengah serta industri Rumah Tangga meliputi industri Batubata, Genting, Kerupuk Kemplang, Tenunan Songket, Ikan Salai dan Ikan Asin, Gula Puan, Gula Aren,Anyaman Purun, keramik, Gerabah,kerajinan kayu,tahu tempe,Terasi,keripik Pisang,Bordir,Nugget Pisang, Nugget ubi, tape ubi, Batako,Bolu Cupu,Nugget Jagung,Pandai Besi.

Gambar 2.15. Industri-Industri

 

     b. Perdagangan

         Sarana Perdagangan yang ada :

         i. Perdagangan Modern sebanyak 76 Lokasi

         ii. Pasar Tradisional sekitar 86 lokasi

            Peluang Investasi pada sektor perdagangan antara lain pembangunan pasar swalayan di kayuagung dan Tugu Mulyo.

Gambar 2.16. Perdagangan

     c. Koperasi

         Keragaman Koperasi di Kabupaten OKI terdiri dari :

         1)  Koperasi Unit Desa di Kabupaten OKI Tahun 2015 sebanyak 69 KUD.

         2)  Koperasi Simpan Pinjam di Kabupaten OKI tahun 2015 sebanyak 8 KSP.

         3)  Koperasi Lainnya di luar Koperasi Unit Desa dan Koperasi Simpan Pinjam di Kabupaten OKI tahun 2015 sebanyak 283.

 

7. Pariwisata

     a. Danau Teluk Gelam

         Danau Teluk gelam Berjarak 28 km dari kayuagung atau 93 km dari Kota Palembang, dengan lokasi yang cukup strategis yakni dipinggir jalan lintas timur dan dikelilingi oleh kebun kelapa sawit. Di Danau Teluk Gelam seluas 300 hektar sangat cocok dikembangkan wisata air dan wisata Agro. Telah tersedia sarana Hotel, olah raga bermotor, olah raga air, permainan anak-anak, lintasan/track untuk jalan dan bersepeda santai sekeliling danau. Tersedia juga sarana lomba burung yang sudah digunakan beberapa kali untuk lomba burung perkutut tingkat regional dan nasional. Peluang usaha yang terbuka adalah pengelolaan kawasan Danau Teluk Gelam.

Gambar 2.17. Kawasan Wisata Danau Teluk Gelam Kab. OKI

     b. Pulau Maspari

         Pulau Maspari berada di pesisir pantai timur Kabupaten Ogan Komering Ilir, merupakan pulau karang dengan hamparan pasir putih dipantai yang masih alami dan perairan karang didiami oleh beragam biota laut yang indah. Pulau Maspari sangat cocok sebagai wisata bahari. Terutama untuk olah raga memancing (fishing) dan menyelam (diving).

 Gambar 2.18. Pulau Maspari di pesisir pantai timur Kabupaten OKI

     c. Bukit Batu

         Bukit Batu terletak di Kecamatan  Pampangan berjarak 71 Km dari Kayuagung. Di Bukit Batu terdapat beberapa benda yang bernilai mistis antara lain Batu Gajah, Batu Pengantin, Batu Lesung dan Pohon Jerangkung (Pohon Aren) yang dianggap pohon beracun dan memiliki kekuatan mistis. Bukit Batu berkaitan erat dengan cerita rakyat yang paling terkenal yaitu tokoh sakti Si Pahit Lidah dan Si Mata Empat.

Gambar 2.1Bukit Batu di Kecamatan Pampangan

     d. Suaka margasatwa padang sugihan

         Suaka margasatwa padang sugihan suatu tempat menarik untuk di kunjungi wisatawan karena tempatnya dapat di jangkau dengan melalui angkutan sungai karena suaka tersebut terletak di kecamatan air sugihan kabupaten Ogan Komering Ilir.

Gambar 2.20  Suaka Margasatwa Padang Sugihan

     e. Kawasan Kota Kayuagung

         Kota kayuagung merupakan ibu kota kabupaten Ogan Komering Ilir Provinsi sumatera selatan, kota kayuagung terletak pada jalur strategis dan kota transit yang terletak di jalan lintas timur sumatera menghubungkan bandar lampung ke palembang hingga medan, kota kayuagung berjarak 65 Km dari ibu kota Provinsi Sumatera Selatan. Wisata warisan budaya daerah di kota kayuagung yang dapat di lihat adalah Midang, Mulah, Kungayan, Tarian Daerah dan pakaian adat.

Gambar 2.21  Kawasan Kota Kayuagung

     f. Danau Teloko

        Danau Teloko merupakan danau terletak di desa teloko kecamatan kota kayuagung kabupaten Ogan Komering Ilir.

Gambar 2.22  Danau Teloko Kabupaten OKI

     g. Pantai Tanjung Menjangan

         Pantai Tanjung menjangan terletak di kecamatan Sungai menang kabupaten Ogan Komering Ilir.

     h. Lebak Air Itam

         Lebak Air Itam terdapat di Kecamatan Pedamaran Kabupaten Ogan Komering Ilir.

Gambar 2.23  Lebak Air Itam Kabupaten OKI

     i. Danau Rasau

         Danau Rasau terdapat di Kecamatan Pedamaran Kabupaten Ogan Komering Ilir.

Gambar 2.24  Danau Rasau Kabupaten OKI

     j. Lebak Deling

        Lebak deling terdapat di Kecamatan Pampangan Kabupaten Ogan Komering Ilir.

Gambar 2.25  Lebak Deling Kabupaten OKI

     k. Kawasan mangrove pesisir Timur

         Kawasan pesisir timur tersebut terdapat di kecamatan Air Sugiahan, Tulung selapan, Cengal dan Sungai Menang Kabupaten OKI.

Gambar 2.26  Kawasan Mangrove Pesisir Timur Kabupaten OKI

About

Memberikan Layanan Kepada Masyarakat Secara Profesional dan Mendorong Peran Serta Masyarakat Dalam Pembangunan

Berita Nasional

BKPM: Potensi investasi kelautan capai US 1,2 triliun

Kontak

Email: bppm.kab.oki@gmail.com

 Phone: 0712-322869 Fax: 0712-322869

Mobile: 0822 8002 1102 ( SMS Pengaduan )